Selasa, 27 Desember 2011

MAKALAH DASAR KOMPUTER

SEKILAS WINDOWS XP
Tugas makalah Dasar Komputer

Muchammad Irsyad Arif
115050100111111
Fakultas Peternakan
Universitas Brawijaya
2011


KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT. ,atas rahmat dan petunjuk-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul “SEKILAS  WINDOWS XP”, yang mana makalah ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas Dsar Komputer dalam menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya. Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini berguna bagi siapa saja.
Demikian makalah ini saya susun, apabila ada kata- kata yang kurang berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Microsoft Windows saat ini terdiri dari Windows Dekstop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98 dan Windows ME), dan Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang akan dirilis pada tahun 2012 atau lebih lambat)). 
Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.

1.2  Rumusan Masalah
Dalam makalah ini, kita membahas tentang;
a. Apa itu Windows Xp
b. Keunggulan dan Kelemahan Windows XP

1.3  Tujuan
Untuk mengetahui lebih detail tentang windows XP, Versi-versi  windows XP dan keunggulan dan kelemahan windows XP.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah  Windows XP
Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode "Whistler" selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua.
Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.


2.2  Latar Belakang
Windows XP sebelumnya dikenal dengan kode sandi " Whistler", yang mulai dikembangkan oleh para pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000-an. Bersamaan dengan proyek ini, Microsoft jugs tengah menggarap proyek Windows generasi bagi penerus Windows ME (millenium Edition) yang dinamakan dengan kode sandi "Windows Neptune" yang diproyeksikan sebagai "Windows NT versi rumahan".
seterlah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan dua buah sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk. itulah yang kita kenal sekarang kita kenal sekarang dengan Windows XP.

2.3  Pengenalan Windows XP
Windows XP adalah jajaran system operasi berbasis grafis yang di buat oleh Microsoft untuk digunakan pada computer pribadi, yang mencakup computer rumah dan desktop bisnis, laptop dan pusat media (Media Center). Nama “XP” adalah kependekan dari “Experience”. Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007. Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritel menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal 30 Juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melalui Custom-built PC (OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari 2009. Windows XP mungkin akan tetap tersedia bagi para pengguna korporasi dengan volume licensing, sebagai sarana downgrade untuk komputer-komputer yang belum siap menjalankan sistem operasi baru, Windows Vista Business Edition atau Ultimate Edition atau Windows 7 Professional.


2.4  Versi Versi Windows Xp
Windows Xp terdapat beberapa versi yaitu:
2.4.1  Windows XP Home Edition
Windows XP Home Edition adalah sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna rumahan. Versi ini tidak didesain untuk sistem dengan banyak pengguna, Fitur jaringan yang tidak ada pun sangat banyak, di antaranya tidak dapat bergabung dengan sistem domain Active Directory, tidak memiliki sistem berkas terenkripsi, tidak dapat menjadi sebuah server (meski mampu membuat beberapa berkas dan folder yang dikelolanya dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus), dan tidak memiliki fitur Internet Connection Sharing (ICS), dan masih banyak yang lainnya.
2.4.2   Windows XP Professional Edition
Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server, meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh client yang bisa login secara bersamaan.
2.4.3  Windows XP Media Center Edition
Versi ini adalah versi Windows XP yang dibuat khusus untuk perangkat semacam Hi-Fi, dan PC yang diletakkan di ruang duduk. Pada dasarnya, Windows XP Media Center merupakan Windows XP Home Edition yang ditambahi dukungan sebagai perekam video pribadi (Personal Video Recorder).
2.4.4  Windows XP Tablet PC Edition
Windows XP Tablet PC Edition adalah versi Windows XP yang dikhususkan untuk PC yang ultra-portabel, yang dinamakan oleh Microsoft dengan Tablet PC. Bentuknya yang minimalis seperti halnya Asisten Digital Pribadi (Personal Digital Assistant atau PDA), dengan kemampuan setara notebook atau laptop.
2.4.5  Windows XP Professional x64 Edition

Windows XP Professional x64 Edition merupakan versi Windows XP yang dikhususkan untuk prosesor dengan arsitektur x86-64.
2.4.6 Windows XP Professional 64-bit Edition for Itanium
Perbedaan fitur dari Windows XP Professional x64 Edition adalah dukungannya terhadap prosesor Itanium, dengan segala arsitektur bawaannya, seperti EFI (Extensible Firmware Interface), dan GPT (GUID Partition Table). Meskipun prosesor Itanium merupakan prosesor dengan kinerja paling efisien, Itanium tidak dapat menjalankan program yang didesain untuk Windows XP versi 32-bit maupun Windows XP x64 Edition. Ketika menjalankan program yang tidak didesain untuknya, kinerjanya pun sangat rendah.
2.4.7  Windows XP Starter Edition
Versi ini merupakan versi Windows XP Home Edition yang diterjemahkan ke dalam bahasa lokal masing-masing dengan menggunakan Language Interface Pack (LIP). Bahasa yang digunakannya pun beragam, mulai dari Bahasa Indonesia, Melayu, Thailand, Turki, Rusia, India, Brazil, hingga bahasa Amerika Latin (Argentina, Chili, Meksiko, Ekuador, Uruguay, dan Venezuela).

2.5  keunggulan dan kelemahan windows XP
2.5.1  keunggulan windows xp
 1. Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
2. Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lainmelalui internet.
3. Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yangterjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.
4. Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.
5. Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.
6. Banyak software yang kompatibel
7. Banyak software yang stabil berjalan di operating sistem ini
8. Tidak akan ada masalah atau konflik antara software dan hardware
9. Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
2.5.2  Kekurangan Windows Xp
1. Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi WindowsXP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.
2. Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya
3. Harga licensinya cukup mahal
4. Komunitasnya terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
5. Banyaknya virus yang sering menyerang Windows xp6. Sistem yang kurang stabil

BAB III
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
Windows XP adalah salah satu Sistem operasi yang dirilis oleh Microsoft Windows yang dirilis pada tahun 2001. Windows Xp juga sebagai system operasi terlama yaitu selama 7 tahun dari tahun 2001 sampai 2007. Windows XP mempunyai banyak versi yaitu Windows XP Home Basic, Windows XP Professional edition, Windows XP Media center edition, Windows XP Tablet PC edition, Windows XP XP Professional x64 Edition, Windows XP XP Professional 64-bit Edition for Itanium, dan XP Starter Edition. Masing-masing versi mempunyai kelemahan dan kelebihan.

3.2       Saran

Windows XP telah membawa perubahan yang sangat besar karena windows Xp adalah system operasi yang paling sempurna dari system operasi sebelum windows XP.





Daftar Pustaka


Lucky, Belajar Microsoft 2007, http://fanscheap.com/, 2 Oktober 2011.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar